Program KTT (Kumpul, Tukar, Tebus) Hijau Lestari x Twin Tulipware

Hijau Lestari senantiasa hadir dengan inovasi program baru. 

Inti dari inovasi program yaitu bagaimana masyarakat bisa langsung menggunakan tabungan sampahnya untuk kepentingan sehari-hari, dengan semangat KangPisMan (Kurangi, Pisahkan, Manfaatkan); Hijau Lestari bekerja sama dengan Twin Tulipware untuk mengurangi jumlah timbulan sampah plastik akibat penggunaan plastik sekali pakai. 

Jadi apa itu program KTT? 

Dengan hanya membawa  8 (delapan) buah: tutup galon, botol bekas (PET), atau gelas bekas (cup); maka Anda sudah bisa mendapatkan diskon sebesar 50% (lima puluh persen) untuk produk-produk tertentu dari Twin Tulipware. Program ini sudah dimulai sejak Oktober 2018, dan alhamdulillah sangat diminati para nasabah dan masyarakat sekitar yang notabene ibu-ibu. 

Anda tertarik?
Silakan datang ke kantor induk dan mendaftar menjadi nasabah Bank Sampah Hijau Lestari, cukup membawa 1 buah fotokopi KTP, dan uang sebesar Rp 5.000,- sebagai pengganti buku tabungan; bawa sampah yang akan ditukar menjadi point dan bawa uang secukupnya untuk belanja di Tulipshop Hijau Lestari. 



Selamat berbelanja ^_^


----
Sekilas tentang HL Ecomart: 


Salah satu capaian LSM Hijau Lestari ialah HL Ecomart. HL Ecomart bukanlah mini market biasa. Pembeli yang bermaksud berbelanja bisa membawa sampah. Bingung? Begini penjelasannya...

Sampah yang dibawa pembeli akan dihargai terlebih dahulu oleh Hijau Lestari. Kemudian sampah yang sudah dibanderol tersebut akan ditukar dengan voucher belanja. Nah, voucher tersebut yang bisa dimanfaatkan oleh pembeli untuk berbelanja di HL Ecomart sebagai pengurang harga atau diskon.

Dengan sistem seperti ini, masyarakat yang bermaksud belanja akan terdorong untuk memilah sampah, mengumpulkan, lalu memanfaatkannya untuk kemudian ditukar dengan voucher belanja. Hal demikian, selain ekonomis juga ekologis.

Barang-barang yang tersedia di HL Ecomart hampir sama dengan mini market biasanya. Meski baru dibuka pada tanggal 17 Februari 2016, HL Ecomart cukup diterima oleh masyarakat. Detiknews pun telah memberitakan mini market unik ini di salah satu kanal beritanya berjudul Belanja di Minimart Ini Bisa Dibayar dengan Sampah Loh! Selain Detiknews, Kompas TV juga datang meliput HL Ecomart beserta aktivitas bank sampah Hijau Lestari (baca: Liputan Hijau Lestari di Kompas TV).


Untuk masyarakat yang ingin menabung sampahnya, sebagai pilihan selain ditukar dengan voucher belanja HL Ecomart, bisa menabung di Bank Sampah Hijau Lestari yang hingga saat ini (Februari 2016, red) berjumlah dari 100 unit yang tersebar di Kota Bandung.

Seorang anak sedang berbelanja di HL Ecomart

Pembeli bersiap membayar di kasir HL Ecomart