Berita‎ > ‎

Kelola 100 Bank Sampah dengan 2 Ribu Nasabah

diposting pada tanggal 9 Feb 2016 03.10 oleh Shinta Ratna Dewi   [ diperbarui 22 Feb 2016 20.38 oleh Info Hijau Lestari ]

BANDUNG (21/10/2015) - Sejak 2013 merintis bank sampah, akselerasi LSM Hijau Lestari terbukti cepat. Kini unit bank sampah yang dibina Hijau Lestari menyebar di Kota Bandung.

"Sampai sekarang (2015) sudah ada seratus unit bank sampah. Jumlah nasabahnya mencapai sekitar dua ribu orang," kata Ketua LSM Hijau Lestari Elis Solihat, saat berbincang dengan detikcom di Bank Sampah Induk Hijau Lestari, Jalan Tubagus Ismail XIV No.1, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Rabu (21/10/2015).

Lokasi bank sampah Hijau Lestari antara lain berada di kawasan Dago, Margahayu, Derwati, Cibaduyut, Caringin dan Leuwipanjang. Setelah unit-unit berdiri, pada Desember 2014 silam hadir bank sampah induk di Jalan Tubagus Ismail XIV No.1, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

"Di tempat induk inilah ada proses penjadwalan untuk pengangkutan sampah di unit-unit. Bank sampah bisa bertahan bila proses pengangkutan sampah dilakukan secara rutin," tutur alumnus Peternakan Unpad ini.

Elis menegaskan, tim Hijau Lestari siap membimbing pengelolaan sampah di lingkungan warga. "Nasabah akan mendapatkan manfaat ekonomi dari sampah yang telah disetorkan. Selain itu, lingkungan tempat tinggal warga menjadi bersih dan sejuk. Serta rasa gotong royong akan semakin terasa," ujarnya.

Ibu empat anak ini bermimpi, seluruh masyarakat Bandung peduli dengan sampah. "Sampah tak lagi sumber musibah, namun membawa berkah," tandasnya.

Comments