Berita‎ > ‎

Berbagi Pengalaman Pengelolaan Bank Sampah dalam Acara BPLHD Jawa Barat

diposting pada tanggal 1 Sep 2016 16.21 oleh Info Hijau Lestari   [ diperbarui 26 Feb 2018 21.05 oleh Shinta Ratna Dewi ]
Untuk kesekian kalinya, Hijau Lestari menjadi narasumber dalam berbagai pelatihan pengelolaan Bank sampah. Kali ini, Rabu 24 Agustus 2016 bertempat di Hotel Savoy Homman Bandung, diadakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas dalam rangka mengelola Bank Sampah.
 
Elis dari Bank Sampah Induk Hijau Lestari Kota Bandung memaparkan tentang peluang dan ancaman dalam mengelola bank sampah. Saat itu juga dijelaskan perihal tahap demi tahap cara merintis bank sampah.

Dengan pengalaman mengelola bank sampah selama 3 tahun lebih dengan 100 unit bank sampah di Kota Bandung, Elis menjelaskan kendala-kendala dan juga cara untuk bisa bertahan, sampai akhirnya saat ini bisa mengelola sampah anorganik sebanyak 1 ton/hari dengan beberapa kunci sukses yang bisa di terapkan.

Para peserta pelatihan sangat antusias menyimak materi yang disampaikan, terbukti banyak pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan. Intinya, dalam pengelolaan bank sampah harus berkolaborasi dengan berbagai pihak. Seperti yang telah dilakukan oleh Hijau Lestari yang telah berkolaborasi dengan BPLH Kota Bandung, PLN Distribusi Jawa Barat, juga dengan Bank BJB.
Comments